Select Page

ANIMASI TUTORIAL APLIKASI

Dijaman yang serba maju ini, semua hal dipermudah dengan adanya aplikasi aplikasi yang bertebaran di smartphone kita. Contohnya, Ketika kita ingin belanja sesuatu, sudah tersedia aplikasi e-commerce dengan berbagai macam hal yang dijual didalamnya. Jika kita ingin pergi keluar tetapi kendaraan pribadi kita sedang dalam masalah misalnya, kita sudah tidak akan khawatir lagi, karena sangat mudah sekali memesan transportasi umum seperti ojek, bus, dan lainnya lewat aplikasi yang juga banyak tersedia di smartphone kita.

Tetapi walau banyak sekali aplikasi yang sudah ada, kita tentunya akan kebingungan saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut bukan? Nah, oleh karena itu saat kita baru saja mendowload dan membuka aplikasi tersebut, pasti akan muncul beberapa arahan atau penjelasan tentang aplikasi tersebut. Seperti fungsi fungsi tombol dan letak tombol yang ada di dalamnya. Terkadang ada juga aplikasi yang menyampaikan arahannya dalam bentuk video. Yang biasa disebut video tutorial aplikasi. Umumnya video tutorial aplikasi dibuat dalam bentuk animasi, karena biasanya video animasi sangat mudah dipahami oleh pengguna

Dalam membuat video animasi untuk tutorial aplikasi banyak sekali proses yang harus dilalui. Karena itu, kali ini kita akan membahas secara singkat apa saja yang diperlukan dalam membuat video tutorial aplikasi dalam bentuk animasi agar pengguna lebih paham dalam pemakaian aplikasi tersebut dalam kesehariannya. Mari kita simak proses berikut ini.

  1. Storyboard

Dalam storyboard, seorang animator membuat alur cerita dari awal sampai penting. Pembuatan storyboard sangatlah penting untuk proses selanjutnya ketika produksi, apalagi jika pembuatan animasi dilakukan secara berkelompok. Pembuatan storyboard selain mengenai alur cerita, tapi juga mengenai ekspresi ketika beradegan, komunikasi dalam bentuk apapun, dan juga detil-detil lain yang bersifat menjelaskan jalannya cerita. Storyboard yang bagus akan berpengaruh pada efektifitas pembuatan animasi secara keseluruhan, penting!

  1. Desain karakter

Setelah alur cerita sudah dibuat, karakter yang bermain di dalamnya harus mulai dibuat. Seperti disebutkan diatas, ekspresi menjadi penting bagi sebuah karakter. Seringkali animator melakukan pengambilan gambar dengan video untuk melihat refeerensi ekspresi. Tipsnya adalah, pastikan setiap ekspresi atau sikap dapat tergambar jelas, antara kalian ambil gambarnya sendiri atau mencari referensi ekspresi atau kegiatan serupa melalui Youtube.

  1. Masa Produksi

Dalam masa produksi, banyak yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah membuat frame kunci dan in between. Frame kunci (keyframe) adalah gambar sketch yang berisikan gambaran besar suatu cerita, sedangkan in between adalah penyempurnaan gambar keyframe dengan menambahkan gerakan objek dalam cerita tersebut. Setelah gambar sudah jadi di komputer, maka proses selanjutnya adalah melakukan pewarnaan pada objek-objek dalam setiap frame.

  1. Editing dan finishing

Nah dalam tahap terakhir, dilakukan tahap seperti menggabungkan frame-frame yang sudah dibuat, lalu memberikan suara (jika diperlukan) dan melakukan editing pada video yang sudah jadi. Penyesuaian dalam video editing yang diperhatikan seperti durasi, dubbing, transisi antar frame, dan lain-lainnya.

Berikut merupakan beberapa proses dalam membuat video animasi. Dengan proses yang tergolong rumit tersebut, maka sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa dalam pembuatan video animasi untuk semua keperluan, khususnya kali ini dalam video tutorial aplikasi. Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa dalam pembuatan video animasi adalah TIRTA MEDIA PRODUCTION.

Disana tidak hanya menawarkan jasa dalam pembuatan video animasi, tetapi juga dalam pembuatan video dokumentasi, video iklan, dan masih banyak lagi yang bisa dikerjakan oleh TIRTA MEDIA PRODUCTION. Jika anda berminat dan ingin mengetahui TIRTA MEDIA PRODUCTION, anda bisa mengunjungi dan melihat portofolio dibawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : marketing@tirtamedia.co.id

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw