Select Page

JENIS ANIMASI DALAM VIDEO IKLAN

Untuk meningkatkan penjualan suatu produk, kita harus mempromosikannya ke masyarakat luas agar jika ada orang yang membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan produk kita, mereka bisa langsung terpikirkan untuk membeli produk yang kita jual. Cara untuk mempromosikan suatu produk umumnya adalah melalui sebuah iklan. Banyak sekali iklan iklan yang bertebaran diluar sana, iklan akan dibuat semenarik mungkin agar semua mata tertuju pada iklan tersebut.

Iklan mempunyai banyak sekali jenis dan variasi, ada yang membuat iklan dalam bentuk foto, lukisan, ada juga yang dikemas dalam bentuk video. Iklan dalam bentuk video juga banyak sekali jenisnya loh. Ada yang dibuat dalam bentuk fisik atau diperankan langsung oleh orang asli. Tetapi dalam proses pembuatan iklan dengan cara tersebut mengalami banyak sekali kendala seperti terbatasnya dalam hal penggambaran ide dikarenakan ada beberapa hal yang tidak bisa langsung diperankan oleh manusia. Oleh karena itu, pada jaman sekarang ada cara lain dalam pembuatan iklan, yaitu dengan membuatnya dalam bentuk animasi

Banyak sekali jenis animasi yang dipakai dalam video iklan yang bisa disesuaikan dengan produk yang sedang diiklankan. Bervariasinya jenis animasi yang ditunjukkan berfungsi agar video iklan animasi yang dibuat semakin menarik dimata masyarakat, dan yang terpenting adalah cara penyampaiannya agar orang yang melihat bisa lebih mudah mengingatnya. Karena banyaknya jenis animasi pada saat ini, kali ini kita akan membahas beberapa jenis animasi yang cocok dengan iklan yang sedang dibuat.

  1. ANIMASI TRADISIONAL

Tipe animasi  yang pertama merupakan animasi tradisional. Seperti namanya, pembuatan pada animasi jenis ini terbilang sangat jauh dari kata teknologi. Karena proses pembuatannya adalah dengan menggambar di atas meja dengan lampu yang menerangi kertas tersebut. Dengan begitu animator bisa melihat gambar yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah melalui banyak perkembangan, animator mulai menggambar objek diatas kerja transparan seluloid. Karena itu animasi tradisional sering juga disebut sebagai cel animation atau animasi sel dan animator harus membuat setiap frame satu per satu untuk menghasilkan urutan animasi. Dan animasi yang dihasilkan masil dalam bentuk animasi 2D

  1. ANIMASI 2D

Pada tipe pembuatan animasi tradisional memang hanya terbatas pada animasi 2D saja. Tetapi seiring perkembangan teknologi, animasi 2D juga dapat dibuat dengan gambar vector. Kelebihan menggunakan gambar vector adalah animasi menjadi lebih mudah dikontrol daripada berbasis piksel.

Animasi berbasis vector menggunakan perhitungan matematika untuk mengubah ukuran gambar sehingga gerakanya menjadi lancar. Dengan menggunakan vector, animator bisa menggunakan karakter yang sama tanpa perlu membuatnya dalam frame baru.

  1. ANIMASI 3D

Animasi tipe ini sering kali digunakan pada saat Ini. Dengan bantuan software animasi 3D, animator bisa menggerakkan bagian tubuh dan mengantur posisi karakter. Meskipun terkesan lebih mudah, proses yang dilalui dalam pembuatan animasi 3D tetap harus dilakukan per frame dan dalam proses rendering animasi 3D sangat berat. Karena itu membutuhkan komputer yang memumpuni.

  1. MOTION GRAPHIC

Motion graphic merupakan bagian dari animasi itu sendiri. Motion graphic adalah potongan grafis digital yang digunakan untuk menghasilkan ilusi Gerakan. Tipe animasi motion graphic merupakan gabungan dari unsur animasi dengan desain grafis. Motion graphic juga sering digunakan dalam periklanan, tampilan judul film, dan juga credits. Motion graphic juga biasa digabungkan dengan teks dan voice over.

 

  1. STOP MOTION

Tipe animasi selanjutnya merupakan tipe stop motion. Cara yang digunakan dalam pembuatan animasi stop motion hampir mirip dengan tipe animasi tradisional yaitu diambil satu frame pada satu waktu, lalu objek dipindahkan dari satu frame ke frame berikutnya. Pergerakan dari objek tersebut akan menghasilkan ilusi Gerakan objek. Disney dan pixar sering kali menggunakan metode ini dalam pembuatan film animasinya.

Dengan banyaknya jenis animasi yang ada, maka saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa dalam pembuatan video animasi. Salah satunya adalah TIRTA MEDIA PRODUCTION, disana tidak hanya menawarkan jasa pembuatan animasi, tetapi juga menerima jasa dalam pembuatan iklan video, video safety, video dokumentasi, dan masih banyak lagi. Jika anda berminat dengan TIRTA MEDIA PRODUCTION, anda bisa mengunjungi dan melihat portofolio dibawah ini.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : marketing@tirtamedia.co.id

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw