Select Page

VIDEO SAFETY ANIMASI

Wajib bagi sebuah perusahaan untuk menjamin keamanan bagi para karyawannya, supaya bisa menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan juga efektif untuk keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Salah satu hal yang dibutuhkan bagi perusahaan untuk menjamin keamanan karyawannya adalah dengan memberitahu hal apa saja yang termasuk bahaya dilakukan dalam lingkungan kerja. Cara penyampaiannya kepada karyawan juga sangat penting. Sebisa mungkin menghindari cara penyampaian yang rumit dan sangat bertele tele. Salah satunya adalah dengan melalui media video animasi.

Karena video animasi adalah cara yang paling mudah dimengerti karena lebih singkat, padat, dan jelas. Keamanan kerja dalam sebuah perusahaan biasanya sangat banyak dan Panjang. Jika disampaikan hanya dalam media tulisan dan kalimat, pasti akan sangat membingungkan dan sulit dimengerti oleh karyawan. Tetaapi dalam proses pembuatan animasi tentunya banyak proses yang harus dilewati. Kali ini kita akan membahas secara singkat seperti apa proses dalam membuat video safety animasi.

  1. STORYBOARD

Pada tahap storyboard ini, seorang animator akan membuat alur cerita animasi yang akan dibuat dari awal sampai akhir. Dalam proses pembuatan storyboard ini sangat penting untuk proses selanjutnya yaitu proses produksi, apalagi saat proses pembuatan dilakukan secara berkelompok, agar anggota yang lain bisa mengetahui alur dan gambaran ide cerita yang akan dibuat. Storyboard yang bagus dan jelas akan sangat berpengaruh pada efektifitas saat proses pembuatan animasi secara keseluruhan.

  1. DESIGN KARAKTER

Setelah alur cerita dibuat distoryboard, sebuah karakter yang memainkan peran didalamnya juga harus dibuat. Ekspresi juga penting saat proses pembuatan karakter agar karakter yang dibuat bisa Nampak menjadi hidup dan bisa membawakan cerita didalam video iklan animasi tersebut. Biasanya animator sering melakukan pengambilan gambar dengan video untuk menambah refrensi ekspresi.

  1. MASA PRODUKSI

Saat masa produksi banyak sekali yang perlu dilakukan. Pertama adalah membuat keyframe dan in between. Keyframe adalah gambar sketch yang berisi gambaran besar dari suatu cerita yang akan dibuat. Sedangkan in between merupakan tahap penyempurnaan gambar keyframe yang telah dibuat sebelumnya dengan menambahkan Gerakan objek yang ada dalam cerita tersebut. Selanjutnya adalah melakukan pewarnaan pada objek dalam setiap frame.

  1. EDITING DAN FINISHING

Untuk ditahap terakhir ini, yang dilakukan adalah menggabungkan setiap frame yang dibuat pada tahap sebelumnya, lalu diberikan suara dan melakukan editing pada video yang sudah jadi. Pada tahap editing akan dilakukan penyesuaian seperti durasi, dubbing, transisi antar frame, dan lain sebagainya hingga menjadi video iklan animasi yang menarik dan siap untuk ditayangkan disemua platform agar bisa diliat oleh konsumen agar tertarik dengan produk yang kita jual

Dengan rumitnya cara yang dilewati saat proses pembuatan video animasi, maka saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka jasa dalam pembuatan video animasi. Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan video animasi adalah TIRTA MEDIA PRODUCTION. Disana banyak sekali animator yang handal dalam pembuatan video animasi. Jika anda tertarik dengan TIRTA MEDIA PRODUCTION, anda bisa mengunjungi alamat lengkap yang ada dibawah.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                     : marketing@tirtamedia.co.id

Website                 : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut         : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw