Select Page

PENGERTIAN VIDEO ANIMASI 3D 

Animasi 3D adalah proses menempatkan objek dan karakter dalam ruang tiga dimensi dan memanipulasinya untuk menciptakan ilusi gerak. Objek dibuat berdasarkan model 3D yang diasimilasi dalam lingkungan digital dengan bantuan alat 3D modeling. Atau, objek kehidupan nyata dapat discan ke komputer untuk objek animasi 3D.

Tujuan dari animator 3D adalah untuk memindahkan objek dan karakter dalam adegan tertentu menjadi realistis. Anda dapat membuat karakter kartun yang sempurna, tetapi jika gerakannya tidak rata, seperti robot, atau canggung, semua kerja keras Anda akan sia-sia. Itu sebabnya animator menghabiskan cukup banyak waktu untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar gerak untuk membuat animasi mereka dapat dipercaya.

Perbedaan Animasi 3D dengan 2D

Dari namanya sendiri memberikan perbedaan antara animasi 3D dan 2D, tetapi mari kita kembangkan sedikit lebih banyak tentang subjek ini untuk menunjukkan perbedaan dalam proses pembuatannya. Animasi 2D datar karena didasarkan pada bidang dua dimensi dengan sumbu x dan y.

Dengan bantuan sumbu tambahan, 3D menambahkan persepsi kedalaman pada animasi, membuatnya lebih realistis, sedangkan Animasi 3D dilakukan dengan membangun model 3D dan menggerakkannya dalam pengaturan tiga dimensi. Penambahan sumbu ketiga memberi lebih banyak ruang untuk bergerak dan mengatur objek dalam sebuah adegan, serta membuat animasi karakter lebih fleksibel.

Jenis Jenis Animasi 3D

  1. Animasi Boneka (Puppet Animation)

Pada jenis animasi ini, objek yang digunakan adalah boneka dan figur lainnya. Objeknya terbuat dari bahan-bahan yang memiliki sifat lentur sehingga mudah untuk digerakkan saat pemotretan bingkai per bingkai.

Misalnya bahan kayu yang mudah untuk diukir, kertas, lilin, kain, tanah lempung, dan sebagainya, agas bisa menciptakan karakter yang tidak kaku dan terlalu sederhana.

  1. Animasi Model

Objek dari jenis animasi 3D yang ini bukan berupa boneka dan sejenisnya, melainkan bentuk-bentuk abstrak seperti bola, kubus, balok, prisma, silinder, piramida, kerucut, dan lain-lain.

  1. Animasi Pixilasi (pixilation)

Animasi Pixilasi adalah jenis animasi yang menggunakan objek manusia. Pixilasi merupakan suatu teknik pemotretan di mana manusia berbuat atau melakukan sesuatu adegan seperti boneka. Seperti yang dilakukan dalam film animasi pada umumnya. Itulah pembahasan mengenai animasi 3D, mulai dari pengertian, konsep, karakteristik objek animasi 3D, tahap dasar pembuatan, dan jenis animasi 3D.

Tingginya tingkat kesulitan untuk membuat Animasi 3D ini ,maka sekarang banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan video animasi 3D. Salah satunya adalah  Tirta Media Production. Di dalam  Tirta Media Production kami menawarkan banyak sekali jasa pembuatan video.

Seperti pembuatan video iklan dan juga video animasi 3D. Jasa yang kami kerjakan juga akan dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang pembuatan video animasi, sehingga jasa yang kami berikan akan terjamin dan pasti memuas kan konsumen. Tidak hanya video animasi saja tetapi kami juga menawarkan berbagai macam jasa sebagai berikut :

  • Jasa Pembuatan Video Dokumentasi
  • Jasa Pembuatan Video Animasi 2D & Video Animasi 3D
  • Jasa Pembuatan Video Safety Induction
  • Jasa Desain Grafis, Website, corporate identity, Company Profile , Advertising, Digital Marketing, dan Branding

Jika anda tertarik dengan kami, anda bisa langsung melihat portofolio  Tirta Media Production dibawah ini ya.

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi

WA/ Telpon               : 0822-8623-0300

Email                            : marketing@tirtamedia

Website                       : www.tirtamedia.co.id