Select Page

Apasih Animasi 2D itu? Animasi 2D atau Animasi 2 Dimensi adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan 2 dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.

Video animasi tidak hanya bisa kita gunakan sebagai media hiburan saja loh. Tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk sekolah, media promosi produk, media iklan, media pembantu ataupun pelengkap, dan lain sebagainya.

Namun memang di era yang serba digital ini, sudah banyak para pebisnis pintar yang mempromosikan produk mereka dengan menggunakan video animasi. Tujuannya tidak lain adalah untuk menarik perhatian para penontonnya.

Biasanya promosi produk ini berseliweran di media sosial seperti intagram, youtube, facebook, twitter, ataupun lainnya. Sehingga para pengguna media sosial akan dapat dengan mudah melihatnya.

Pengkategorian atau Jenis Jenis Animasi dibagi menjadi 6 antara lain:

  1. Stop Motion, adalah teknik membuat animasi atau film dari potongan-potongan gambar yang dibuat seolah-olah menjadi berhubungan satu sama lain, sehingga membentuk suatu gerakan atau cerita.
  2. Animasi Tradisional, adalah sebuah teknik animasi di mana setiap frame digambar menggunakan tangan.
  3. Animasi Komputer, adalah proses yang digunakan untuk menghasilkan gambar animasi secara digital.
  4. Animasi 3 Dimensi, adalah penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi.
  5. Animasi jepang (Anime), adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer.

Animasi 2 dimensi juga dapat disebut sebagai animasi Dwi Matra. Ada juga mereka yang menyebut jenis animasi ini dengan nama animasi datar. Dalam proses manufaktur, ada beberapa teknik yang digunakan.

Ada 3 teknik pembuatan animasi 2D, antara lain:

  1. Teknik Sel (Rekayasa Sel)

Teknik sel juga dapat disebut sebagai teknik animasi manual. Dari segi usia, ini adalah teknik pembuatan film animasi yang paling lama (klasik).

Pembuatan animasi dengan teknik ini adalah serangkaian gambar yang dibuat pada lembaran transparan (seluloids) yang berlapis. Objek utama yang mengeksploitasi gerakan dibuat terpisah dengan latar belakang statis dan latar depan.

Dengan begitu, animator hanya membuat latar belakang (backgorund) dan foreground (latar depan) hanya sekali. Ini berfungsi untuk berkeliling membuat terlalu banyak gambar.

  1. Komputasi 2D Teknik

Teknologi yang berkembang, film animasi juga berkembang. Khusus untuk teknik pembuatan, itu harus seiring waktu.Di era 1980-an, animasi 2D juga merasakan dampak dari perkembangan teknologi. Animator merasakan perkembangan yang sangat signifikan, terutama dalam proses pembuatan animasi.

Untuk pembuatan animasi sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan satu komputer pribadi. Mulai dari merancang model ke pengisian suara atau dubbing.Komputasi teknik 2D memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

Jika ada kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan juga dapat diubah dengan cepat juga Dapat menggandakan animasi objek, Hasil animasi terlihat lebih baik, Memfasilitasi pekerjaan animator. Semua dapat belajar membuat animasi dengan mudah, Sedangkan jika Anda menggunakan teknik manual, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang dari awal.

Animator tidak perlu membuat benda berulang kali. Untuk menggandakan objek hanya perlu menyalin dan menempel. Dengan demikian objek yang sama dapat digandakan dan diproses ulang, misalnya, Anda ingin berkurang, diperbesar, ditambah, atau mengurangi setiap elemen.

Pembuatan animasi menggunakan teknik komputasi 2D ini ditolak oleh fasilitas dari teknologi yang memfasilitasi kompensasinya. Sehingga setiap orang dapat belajar membuat animasi, baik film animasi sederhana dan animasi.

  1. Teknik Komputasi 3D

Teknik komputasi 3D adalah teknik yang digunakan untuk memberi kesan pada objek untuk membuatnya terlihat memiliki ruang dan kedalaman.Dalam animasi 2D yang hanya memiliki ukuran (dimensi) panjang dan lebar ini, kesan kedalaman belum muncul.

Ketika kedalaman (dimensi ketiga) berperan, maka ilusi hanya bisa terlihat nyata.Di sini peran logika matematika terlihat ketika mewujudkan kesan suatu objek. Setelah itu, atur saja cara menyulap mata sehingga kesan awalnya 2 dimensi ke 3 dimensi.Menggunakan teknik animasi komputasi 3D ini dapat mengubah gambar yang biasa ditampilkan dengan datar dimodifikasi dan dirancang menjadi gambar yang dapat ditargetkan dengan tatapannya dari segala arah.

  1. Teknik Bayangan.

Dalam teknik animasi ini, angka setiap adegan dibuat dengan menggunakan karton atau piring kulit. Kemudian media dipotong sesuai dengan karakter gambar.Biasanya karakter ditampilkan dengan karakter yang terlihat dari samping untuk terlihat lebih jelas.

Sorotan lampu dari bagian belakang layar ke objek angka yang memberikan efek siluet membuat kesan ketika ditonton.Angka media akan terlihat diperbesar jika disimpan dari layar. Sedangkan saat melekat pada layar, gambar media akan menunjukkan ukuran media yang sebenarnya. Contoh yang menggunakan teknik ini adalah bayangan kulit.

Nah itu dia sedikit info tentang pengertian animasi 2d. Jika berminat untuk menggunakan jasa Animasi 2d maka anda tidak perlu khawatir karena

“ Tirta Media Production Adalah Perusahaan Profesional yang Melayani Pembuatan Video Profil, Video Safety Induction,  Video Animasi 2D & 3D, Video Dokumentasi, Video Iklan, dan Digital Marketing”

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : WA/ Telpon : 0822-8623-0300

Email                                                              : marketing@tirtamedia.co.id

Website                                                          : www.tirtamedia.co.id

Portfolio klik link berikut                              : https://www.youtube.com/channel/UCtagATyx8VSUK_8Qav5Zhfw